Senin, 31 Desember 2012

MEMAHAMI FUNGSI FUELGAUGE PADA BLACKBERRY


MEMAHAMI FUNGSI FUELGAUGE / FG (ZOKUS)
Tentu nya kawan kawan sudah menjumpai seputar permasalahan fuel gauge, walaupun mungkin masih ada yang mengatakan ini sebagai zokus dan sebagainya, nah di beberapa type blackberry yang menggunakan fuel gauge, semisal 9700, 9300, 9800, dll kita akan menjumpai kondisi seperti ( keluhan user ) :

- Tampak boros battery, misal di karenakan, tidak pernah mengisi b

attery sampai penuh, walau indikator sudah full ataupun sebaliknya.
- Dengan menggunakan battery pada waktu booting gagal menyala sampai tercapainya startup pun tidak, led hanya menyala lalu kembali mati dan seterusnya. tetapi di flash tuntas, di boot via VBUS pun akan menyala sampai batt silang, dsb.
- battery tampak masih ada tetapi tiba tiba habis, penggunaan flash camera ataupun panggilan. ataupun sebaliknya, battery tampak habis, tetapi saat ada panggilan kok masih kuat nyambung terus.
- Ponsel berhasil nyala dengan normal, tetapi saat start up battery tidak bisa di baca kapasitasnya, dll

dan mungkin penampakan yang identik lain nya mari kawan kawan share di sini seputar kondisi yang di temui lalu testimoni penanganan nya, apabila belum terhandle juga bisa share di sini, siapa tau saya dan kawan kawan semua member di indo flasher bisa saling bantu.

ok , kembali ke pembahasan anggap saja sebagai sebagai pembukaan atas sharing kita bersama pada thread ini, saya akan coba paparkan dulu tentang FUEL GAUGE, dan saya akan mencoba menyampaikan menggunakan contoh ponsel blackberry onyx ( mungkin ini type hp yang sudah bertumpukan di meja kerja kita karena hp udah murah yg pake banyak , menggantikan posisi bold 9000, yang sudah di masukkan ke lemari mesin bangkai - kanibalan karena cuan nya kurang ) dan semoga saja harga reparasi onyx ngga ikutan terjun bebas juga, semoga masih Rp. XXX.000 untuk beberapa bulan kedepan, mari kita jaga bersama yah.

FUEL GAUGE
-------------

BQ27505YZGR a.k.a Fuel gauge ( tanki bensin, hehehehe... ) buatan texas instruments ini. kita ibaratkan saja ada avo meter ++ dalam onyx kita, yang mengukur - menakar, tegangan, temperatur dan arus.

untuk posisi IC tersebut dalam pcb rekan rekan dapat melihat dalam gambar di bawah ini ( IC di lepas agar terlihat kaki nya, kalo ngga di lepas cuman kelihatan item - kotak - jelek ) :

kalau untuk data data mengenai IC ini, rekan rekan juga dapat melihat pada gambar yg telah kami bikinin di bawah ini :

seperti telah di paparkan, kita dapat menyimpulkan tentang fuel gauge ini :

System Pengukuran / takar fuel gauge :

TemperaturSensor
Coloumb counter ( Arus dan Tegangan )
mengukur menggunakan input bat + dan bat - ( SRP dan SRC )

Guna :

menetukan state of charge ( SOC )
memprediksi time to empty ( TTE )
memprediksi time to full ( TTF )
memantau aktifitas charging melalui pemantauan tegangan dan arus
set boot , normal, sleep, sleep +, hibernate, untuk menghemat konsumsi battery
bat insert check
dsb

pertanyaan :
-------------

apakah dengan mengganti fuel gauge akan selalu menyelesaikan masalah sepeutar hal ini ?

jawab :
--------

tentu saja tidak kawan, sperti biasa kita perlu memperhatikan kebuthan IC tersebut untuk dapat bekerja, termasuk juga jalur control, jalur report nya, dan rangkaian nya.

pertama tama mari kita bahas dari pin pin pada fuel gauge, terutama pin pada pwb nya, yang kita akan lakukan pengukuran, baik pengukuran pasive maupun pengukuran active untuk analisa rangkaian dan syarat kerja ic ini untuk running well.

rekan rekan dapat melihat pada gambar di bawah ini untuk cara pembacaan kaki, kakinya dan tentu saja harapan nya mempermudah saat kita menelaah pada schematics.

nah setelah mengetahui pin pin di atas, saya juga akan memberikan gambar table di bawah ini, yang mungkin saja dapat membantu memahami fungsi setiap kaki pada FUEL GAUGE ini, jadi saat kita menemukan jalur tersebut bermasalah sat pengukuran, kita bisa lebih cepat tau oh..., ini jalur untuk ini atau untuk itu, maka gini, mesti aja, dan bla...bla...bla.. hajar bung !!

Gambar 1 dari beberapa fungsi fuel gauge, salah satu fungsi fuel gauge mengukur arus, ole karena itu pengukuran arus ( ampere ) di lakukan dari pengamatan kutub negative battery, yaitu yang terkoneksi ke system GND ponsel via shunt resistor ( resistor yang di maksud yg mana hayo pada Gambar 2 ?, perhatikan jalur SRN dan SRP yah ) cara ini umum di gunakan oleh ampere meter. jadi bukan PULL UP resistor yah yang ini, saya pernah senggol dikit mengenai pull up waktu coba bantu member forum tentang camera kalo ngga salah, di sini :
jadi sekali lagi, resistor yang di maksud pada rangkaian fuel gauge untuk SRN dan SRP ini bukan lah PULL UP resistor. karena bukan rangkaian logic.



tentu saja pengatur control ini adalah Central Processing Unit, atau CPU, atau lebih lazim di sebut sebagai Micro processor, atau bentuk yang lebih kompleks dari Micro controler. jadi pada dasarnya micro controler ngga jauh jauh amat ama bidang kita pak, tinggal kita comot saja mana mana yang bisa membantu kita dalam mengerti karakter saat menganalisa.

SRP dan SRN tepat sekali di katakan sebagai Probe tester untuk mengukur coloumb . muatan listrik yang mengalir, selanjtnya kuar arus yang mengalir tersebut di sebut dalam satuan Ampere.

mengenai thermistor, thermistor ini adalah salah satu type dari variable resistor, atau sebuah komponen penghambat yang nila hambatan nya dapat berubah ubah.

1. ada yang bisa kita rubah langsung
2. ada yang peka terhadap cahaya
3. ada juga yg peka nya terhadap suhu

nah thermistor ini, adalah yang peka terhadap suhu, pada dasarnya ada dua jenis, yaitu :

1. Positive Temperature Coefficient (PTC) Thermistors
2. Negative temperature coefficient ( NTC ) Thermistor

kalo PTC, hambatan nya akan naik apabila suhu naik
Kalo NTC, hambatan nya akan turun apabila suhu naik

dalam ponsel blackberry onyx, kita dapati contoh penggunaan thermistor adalah pada BAT_TEMP pin di dalam battery, pin BAT_TEMP ini akan terhubung dengan BATT_NEGATIVE ( GND ) melalui sebuah NTC thermistor.

jadi saat suhu battey naik, maka semakin rendah hambatan antara konektor BAT_TEMP dengan GND. atau dengan kata lain semakin terhubunglah antara BAT_TEMP dengan GND.

lalu ?
-----

kita mengetahui bahwa untuk pembacaan suhu dalam ponsel blackberry onyx, tidak di laksanakan menggunakan FUEL GAUGE ( walaupun Fuel gauge mampu ),

karena fungsi tersebut ada di dalam TPS65856 oleh pin TS ( Temperature Sensor ) nah bagaimana TS bisa mendeteksi suhu naik atau turun dalam battery, yang akan menjadi alasan bagi PMU menghentikan proses booting, menghentikan proses charging dan lain lain.

ada 2 jalur sebetulnya dalam konfigurasi TPS65856 ini membaca temperatur battery :

1. jalur TS yg memantau POTENSIAL BAT_TEMP
2. jalur VTS_BIAS yang menyuntikan tegangan ( via pull up resistor )

saat PIN BAT_TEMP semakin terkoneksi ke GND, semakin kecil nilai beda potensial, selsisih ini lah yang di respon oleh pin TS dalam cara kerjanya, jadi sepertinya Thermistor tidak dalam kaitan SRP dan SRN dalam hal ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host